Pesona Keindahan Pantai Koka Nan Eksotis di Maumere

Pantai-Koka-3

Sepertinya jika membicarakan pantai indah di wilayah Nusa Tenggara Timur seolah tidak ada habisnya. Bagaimana tidak, seluruh garis pantai di Pulau Flores ini masih alami dan begitu indah.

Di Kabupaten Sikka, ada sebuah pantai indah yang bisa membuat siapapun lupa ini. Namanya Pantai Koka. Seperti pantai kebanyakan di NTT, Pantai Koka memiliki air jernih biru toska dengan dihiasi terumbu karang indah pada air lautnya, dan hamparan pasir amat putih bagaikan permadani halus nan lembut.

Potensi alam yang luar biasa itu sangat mungkin membuat siapa pun yang mengunjungi Pantai Koka akan terkesima dan jatuh hati.

Keaslian Pantai Koka juga begitu menonjol, di sekitar pantai hanya diselingi kebun warga yang banyak ditanami ubi kayu dan kelapa. Agak jauh dari pantai juga banyak tanaman kakao. Belum ada kios makanan atau rumah makan dan penginapan di sekitar pantai tersebut.

Hal yang membuat pantai ini semakin menarik adalah panoramanya. Anda akan menemukan bukit-bukit yang berdiri kokoh di sekitar pantai, membuat pantai ini terlihat sebagai suatu kesatuan yang melenakan.

Ditambah ketenangan dan suara ombaknya, menenangkan diri di Pantai Koka adalah pilihan yang bagus. Anda juga bisa bermain pasir dan air tanpa khawatir karena tempatnya begitu nyaman.

Bagi warga setempat, pantai ini menjadi sandaran hidup mereka, yaitu dari hasil lautnya. Sementara bagi anak-anak desa, Pantai Koka juga menjadi tempat bermain yang menyenangkan, yakni dengan memancing menjelang sore hari. Sekitar satu kilometer dari pantai ada juga pulau kecil bernama Koka.

6503680965_0c18701af7_b

Nama Koka sendiri diambil dari nama burung yang sering terbang di sekitar pantai ini. Namun Anda tak bisa menjumpai burung ini setiap hari.

Pantai ini terletak sekitar 50 kilometer di barat Maumere, searah jalan menuju Kabupaten Ende, Flores. Untuk mencapai Pantai Koka tak terlalu sulit. Dari Jakarta, Surabaya, Makassar, atau Denpasar dengan pesawat, Anda dapat mendarat di Maumere. Selanjutnya, dari Maumere, Anda sebaiknya menyewa mobil (plus sopir) yang tarifnya Rp 400.000 – Rp 500.000 per hari atau Rp 50.000 per jam.

Menurut Antonius Sena, penduduk Wolowiro, warga meyakini pulau itu merupakan jelmaan sebuah kapal yang tenggelam. Kapal itu konon berasal dari Sabu, dan pada tengah malam yang gelap, pulau tersebut bergerak ibarat sebuah kapal berlayar menuju Kupang (arah ke Sabu).

”Terkadang, pada malam hari terlihat dari pantai seolah ada kapal besar dengan lampu-lampunya. Kalau ada yang melihat seperti itu, pemali untuk omong, sebaiknya diam saja, cukup dilihat,” ujar Antonius.

Dia mengungkapkan, di Pulau Koka terdapat keunikan tersendiri, yaitu ular belang yang dipercaya merupakan jelmaan para anak buah kapal. Ular itu berkeliaran pada malam hari, menyelinap di sela-sela batu, tetapi binatang melata itu jinak dan tidak menggigit pengunjung.

Kepala Desa Wolowiro Flavianus Oferus Sedu menuturkan, di sisi kiri Pantai Koka, yakni di Tanjung Ngalu Tolo, terdapat makam tua, yakni kuburan tokoh Dusun Kangarusa bernama Laki. Almarhum adalah ayah dari Rado, yang dimakamkan di Watu Ngesu. Makam itu diyakini masyarakat sebagai tempat keramat.

objek-wisata-ntt_47045_159_pantai_koka

Berwisata ke Pantai Koka memang mempunyai sensasi tersendiri, apalagi dengan kesan magis atau supranatural yang kuat di sana. Sekitar 20 meter dari bibir pantai ke arah laut terdapat sebuah batu besar, yang bentuknya menyerupai kuda hingga batu itu disebut Watu Jara (Batu Kuda). Bagian kepala kuda batu itu tertutup air laut, sedangkan bagian ekornya tertimbun pasir pantai.

Blasius Woda (47), warga Wolowiro yang kini tinggal di Malaysia ketika masih kelas lima SD, pernah pingsan ketika dari pantai melihat kuda merah besar yang meringkik keras sambil menghadap Laut Sawu. Paman Blasius yang waktu itu juga bersamanya tidak melihat kuda seperti yang dilihat Blasius.

Yang memprihatinkan, jalan menuju Pantai Koka dari jalan raya yang berjarak sekitar 2,5 kilometer masih buruk. Berdasarkan pengamatan, mulai jalan raya hingga ke pantai kondisi jalan masih buruk. Ada bagian yang sudah diaspal, tapi kini juga telah rusak. Jika hujan, jalan akan sangat becek dan licin. Sepeda motor pun akan sulit melintas.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s