Kisah Fenomenal Game yang Penuh Kontroversi Grand Theft Auto

Grand-Theft-Auto-5-Source-Code-Reveals-PC-PS4-Versions-383132-2

Tidak bisa dipungkiri bila serial game Grand Theft Auto (GTA) itu fenomenal. Mulai sejak keluar seri pertamanya pada tahun 1997 untuk konsol PlayStation, GTA selalu laris dan selain itu, juga tetap menuai kontroversi.

Sebut saja seri GTA V, sempat dihentikan penjualannya di Australia lantaran dianggap mengandung konten kekerasan pada wanita. Menengok ke belakang, siapa sesungguhnya sosok yang miliki inspirasi membuat game penuh aksi itu?

GTA rupanya digagas keroyokan oleh beberapa orang, yaitu David Jones, Dan Houser, Sam Houser, Mike Dailly, Leslie Benzies, serta Aaron Garbut. Mari sedikit berkenalan dengan salah satunya, David Jones yang berasal dari Skotlandia.

Jones yaitu pendiri DMA Design, perusahaan developer game yang dibangun pada tahun 1988. David memanglah sudah hobi main game mulai sejak kecilnya. Karena kerja keras Jones serta inspirasi kreatifnya, DMA berhasil membuat beberapa game dan mulai mempekerjakan orang.

Sukses besar pertama DMA Design yaitu game bernama Lemmings. Penjualannya dalam dua tahun tembus angka 1, 5 juta poundsterling, jumlah besar masa itu. Jones juga kaya raya serta dapat membeli Ferrari idamannya sejak dulu.

Salah satu programmer berbakat yang ikut menggagas Lemmings yaitu Mike Dailly. Tidak puas hanya sampai di situ, Dailly ini selalu mencari inspirasi untuk game baru.

GameStop Corp. To Report Quarterly Earnings

Ia lantas memikirkan membuat game virtual tiga dimensi (3D) dengan lingkungan kota yang luas. Teknologi telah memungkinkan membuat game sejenis itu.

“Awalnya memang yaitu teknologinya. Saat kami dapat buat pemandangan satu kota, dapat memperbesar atau memperkecilnya, kami mulai berfikir apa yang dapat kami lakukan dengan teknologi itu. Pada intinya, kami hanya menginginkan peta yang besar serta arena bermain yang luas dan bebas,” ucap Jones.

Dailly, Jones serta sebagian rekanan juga mendiskusikannya. Awalnya, mereka ingin memenuhi kota itu dengan kelompok geng yang sama-sama bertarung. Namun kemudian terbersit inspirasi untuk fokus saja buat satu kota nyata dan hidup, yang dapat ditelusuri oleh para pemainnya.

Tim itu sesungguhnya telah lama miliki ide membuat game balap. Jadilah mobil jadi elemen penting dalam game itu. Dan tokoh dalam game diputuskan bukanlah orang baik-baik tetapi penjahat. Mereka sepakat menamainya dengan Grand Theft Auto atau disingkat GTA.

Demikianlah, GTA pertama itu rilis pada tahun 1997 dan langsung jadi best seller di Inggris. Seri seri setelah itu makin mengukuhkan GTA jadi satu diantara franchise game paling berhasil sepanjang masa.

David Jones sendiri hingga saat ini masih tetap menekuni di dunia game. Walau memanglah pria berusia 51 tahun ini telah bekerja di tempat lain serta tidak lagi terlalu ikut serta dalam pengembangan seri-seri terbaru Grand Theft Auto.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s