OnePlus 5 Pesaing IPhone 7 Plus Resmi Dirilis

e81f8004-4d56-40b6-97ce-167a7705585c-19003-000001fbb7c1e75d_tmp-1

Setelah setahun mengumumkan OnePlus 3, dan sekitar tujuh bulan kehadiran seri 3T, OnePlus langsung melewati penomoran 4 dan resmi meluncurkan OnePlus 5, Rabu (21/6).

Smartphone flagship OnePlus yang ditunggu-tunggu akhirnya meluncur. Gembar-gembor OnePlus 5 belakangan menjadi konsumsi publik dengan desain yang disebut-sebut mirip iPhone 7.

OnePlus 5 memiliki kemiripan dengan iPhone 7 Plus, terutama pada pilihan Midnight Black. Satu hal yang pasti dibawa OnePlus pada produk terbarunya: perusahaan asal Shenzhen itu melanjutkan tradisi membawa spesifikasi teknis kelas dewa. Kita bisa lihat prosesor Qualcomm Snapdragon 835, baterai 3300 mAh, dan pilihan RAM 6 GB untuk pilihan media penyimpanan 64 GB dan RAM 8 GB untuk pilihan 128 GB. Tinggal pilih OnePlus 5 opsi mana yang diinginkan.

Handset ini dibalut material alumunium dengan diameter bodi 152,7 x 74,7 x 7,25 mm. Desainnya terbilang agak berbeda dengan pendahulunya karena memiliki lengkung (edge) dan tampilan yang premium.

OnePlus 5 juga dilengkapi port USB tipe C, slot dual-nano SIM, dan jack headphone standar 3,5 mm. Selain baterai 3.300 mAh, OnePlus 5 merupakan smartphone pertama dari vendornya dengan mengusung fitur dual-camera.

Kenyamanan untuk urusan sensor sidik jari masih dipertahankan pada bagian depan, pada tombol fisik Home. Di bagian bawah layar juga terdapat tombol-tombol kapasitif untuk navigasi.

Dalam hal desain fisik, OnePlus 5 memiliki dimensi yang sangat mirip dengan OnePlus 3T yang telah dihentikan produksinya. Ponsel seri lima ini telah dibuat rata, dibulatkan setiap sudutnya, dan disempurnakan jadi lebih tipis dan lebih ramping baik untuk mata maupun tangan. Tetapi sayang, ia belum mendukung fitur anti air.

Perhatian besar patut diposisikan pada unit kamera OnePlus 5, karena di sana ada sensor warna 16 megapixel (focal length 24 mm). Dia tidak lagi sendirian. Ada kamera ganda di belakang yang satunya lagi bersensor 20 megapixel dengan focal length 24 mm khusus untuk mengambil monokrom. Kedua kamera belakang ini memakai lensa bukaan f/1.7 yang mampu menghasilkan foto bokeh dan video 4K.

Sementara dari sisi software, OnePlus menjaga OxygenOS agar tetap bersih, cepat dan mudah untuk dilakukan penyesuaian. Sistem ini berbasis Android versi 7.1. Ada beberapa fitur baru walaupun secara umum tidak banyak berubah dari OnePlus 3T – dan itu tidak masalah, karena OnePlus merupakan salah satu ponsel dengan sistem operasi yang tercepat dan terbersih.

Sejak banyak rumor mencuat, smartphone ini hampir selalu dikaitkan dengan iPhone Plus baik desain maupun fiturnya. Salah satu fitur yang diusungnya yakni Mode Potrait. Kabar ini datang langsung dari OnePlus saat berbincang dengan The Verge. CEO OnePlus Pete Lau mengatakan, “Nilai konsumen terbesar (dari kamera ganda) ada dalam mode potrait.”

Sementara itu, direktur di OnePlus menambahkan, “Ada teknologi yang memungkinkan mode potrait dengan kamera tunggal. Tapi pada titik ini, hasilnya masih belum sebagus modul dual-camera.”

Ini artinya, pengguna OnePlus 5 dapat mengharapkan kedalaman efek fokus yang sama dengan dengan yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus. Fitur yang relatif mudah dengan menggabungkan kedua kamera tersebut.

Setelah membicarakan spesifikasi teknis dan segala fiturnya, masuklah kita ke hal yang paling dinantikan: ketersediaan dan harga. Perusahaan memilih untuk menjual OnePlus 5 di 33 negara lebih dulu pada 27 Juni termasuk AS, Kanada, Inggris, India, China, dan sebagian besar Eropa. Harganya sebesar 479 dolar AS untuk model RAM 6 GB/128 GN dan 539 dolar AS untum 8 GB / 128 GB.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s