Obama Didampingin Istri dan Dua Anaknya Tiba Berlibur di Bali Besok

023531300_1486486760-20170207--Obama-Liburan-ke-Karibia-AP-Photo-04

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga dijadwalkan tiba di Bali, Jumat (23/6/2017), untuk berlibur selama lima hari.

Kemudian dia juga akan meneruskan perjalanan ke Yogyakarta, sebelum ke Jakarta. Di Jakarta, Obama juga akan membuka Kongres Diaspora Indonesia, serta jadi tamu Presiden Joko Widodo.

Dalam perjalanan ini, Obama akan didampingi mantan ibu negara, Michelle Obama, serta kedua anak mereka, Malia dan Sasha, dan beberapa anggota keluarga mereka yang lain, dan sejumlah staf.

Panglima Kodam Kodam IX Udayana, Mayjen Komarudin Simanjuntak, dikutip Jakarta Post menyebutkan sudah mendapatkan kabar bahwa kunjungan Obama di Bali juga akan berlangsung mulai 23 Juni hingga 28 Juni, siap mengamankan kunjungan Obama.

“Sejauh ini kami memanglah belum memperoleh pemberitahuan resmi, namun kami telah mendengar (kedatangan keluarga Obama tanggal 23 Juni),” kata Komarudin seperti dilansir Jakarta Post.

Belum jelas, di mana Obama dan keluarganya juga akan menghabiskan liburan di Bali.
Tetapi setelah Bali, keluarga Obama juga akan bertolak ke Yogyakarta, nikmati liburan selanjutnya selama beberapa hari.

Mereka lalu meneruskan perjalanan ke Jakarta untuk menyampaikan pidato kunci dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada 1 Juli 2017. Ini akan menjadi pidato pertama Obama di Asia, sejak merampungkan dua masa jabatannya jadi presiden AS.

Dalam jumpa pers beberapa waktu lalu, Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global (IDNG) dan mantan Dubes Indonesia di AS, Dino Patti Djalal mengungkapkan, “Kita ketahui Obama mempunyai hubungan begitu khusus dengan Indonesia, dan jadi sosok yang memberikan inspirasi juga untuk orang-orang serta diaspora Indonesia,” katanya.

Pidato Obama ini juga akan jadi sesi tertutup dalam kongres diaspora itu, yang hanya bisa diikuti oleh sekitar 3.500 peserta yang terdiri atas diaspora Indonesia, undangan, dan publik terseleksi.

Barack Obama terakhir kali datang di Indonesia tahun 2010, dalam perjalanan yang disebutnya ‘pulang kampung.’

Obama memang pernah menjalanai masa kecil di Indonesia, padaa 1967 hingga 1971.
Adiknya seibu, Maya Soetoro-Ng, mengatakan bahwa meski cuma empat tahun hidup di Indonesia, buat Obama Indonesia adalah seperti rumah kedua.

Obama, kata Maya Soetoro-Ng pada BBC Indonesia sekian waktu lalu, antara lain gemar sekali dengan masakan Indonesia.

“Khususnya bakso, ikan pepes, sambal tempe. Selain makanan kami sering mengulas kehidupan di kampung. Saat kakak saya kecil seringkali bermain sepak bola. Bermain layang-layang di kawasan Menteng Dalam, Jakarta, di gang. Dia ingat banyak mengenai Indonesia,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s