Polisi Saudi Gagalkan Serangan Bom Bunuh Diri di Masjidil Haram, 4 Pria dan 1 Wanita Ditangkap

bom-bunuh-diri-targetkan-masjidil-haram-meledak-di-makkah-enam-luka-rev-1

Kepolisian Arab Saudi, Jumat (23/6/2017), mengatakan sukses menggagalkan sebuah rencana serangan teroris terhadap Masjidil Haram, salah satu tempat suci umat Islam.

Lima orang tersangka yang diduga terlibat serangan ke Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, telah ditangkap. Salah satu tersangka itu merupakan seorang wanita.

Stasiun televisi berita Al-Ekhbaria, mengutip pejabat kementerian dalam negeri, mengabarkan, 11 orang terluka saat sebuah bangunan berlantai tiga meledak.

Bangunan berlantai tiga itu adalah tempat seorang terduga pelaku bom bunuh diri berlindung dari kepungan polisi sebelum akhirnya meledakkan diri.

Dari 11 orang yang terluka itu, lima orang di antaranya adalah anggota kepolisian. Serangkain foto yang diduga berasal dari tempat pengepungan beredar di media sosial.

“Sayang sekali, dia mulai menembaki personel keamanan saat mulai menyadari kehadiran mereka di area tersebut. Akhirnya terjadi baku tembak sebelum akhirnya pria itu (bomber) meledakkan dirinya,” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Mansour al-Turki.

Sebelumnya, seorang pria yang diduga merencanakan serangan ke Masjidil Haram tewas meledakkan dirinya sendiri. Sebelum meledakkan diri, pria itu sempat terlibat baku tembak dengan pihak keamanan.

Ledakan itu menyebabkan sebagian bangunan tempat pria pelaku bom bunuh diri itu bersembunyi. Ledakan itu juga melukai enam jemaah.

Empat di antara korban itu telah ke luar dari rumah sakit, dan lima petugas keamanan luka ringan.

Diduga serangan tersebut direncanakan oleh tiga kelompok, yakni dua berbasis di Mekkah dan satu di Jeddah.

Masjidil Haram merupakan salah satu dari tiga tempat tersuci bagi umat Islam seluruh dunia. Di dalam Masjidil Haram terdapat Kakbah yang menjadi kiblat salat seluruh muslim di dunia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s