Putri Menteri Susi Resmi Menjadi Warga Negara Indonesia

nadine-pascale-kaiser-pudjiastuti1_20170623_170035

Suasana hati Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diliputi kegembiraan, Kamis (22/6/2017). Lantaran putri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Nadine Pascale Kaiser Pudjiastuti, kini telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Sang putri, Nadine Pascale Kaiser Pudjiastuti, resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah permohonannya dikabulkan oleh Presiden Joko Widodo.

Nadine mengucapkan janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia di hadapan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta, Kamis 22 Juni 2017.

Dengan didampingi sang ibu yang terkenal suka menenggelamkan kapal pencuri ikan, pengucapan janji setia tersebut berlangsung dengan lancar. Nadine dengan mantap mengucapkan janji setia kepada Tanah Air.

Permohonan Nadine untuk menjadi WNI telah dikabulkan Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden Nomor 8/PWI Tahun 2017 tanggal 25 April 2017, yang diterbitkan oleh Kementerian Sekretariat Negara. Keputusan Presiden itu kemudian dituangkan dalam bentuk petikan.

Setneg pun menyerahkan petikan itu kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM sesuai domisili Pemohon WNI, dalam hal ini Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta.

Pengucapan sumpah ini merupakan prasyarat yang berlaku bagi semua warga negara asing yang telah dikabulkan permohonan kewarganegaraanya menjadi WNI seperti tercantum dalam Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia.

Selain itu, dalam Pasal 14 Ayat (2) dan Ayat (3) dijelaskan bahwa apabila tanpa alasan yang jelas Pemohon tidak melakukan sumpah atau janji setia dalam waktu 3 (tiga) bulan sejak keputusan presiden dikirim kepada pemohon, maka keputusan presiden ini batal demi hukum.

Dengan demikian, Nadine kini memiliki status resmi sebagai WNI, dan mendapatkan hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara Indonesia lainnya.

Nadine memang tak sebeken nama ibunya. Namun sosok Nadine sejatinya tak kalah menarik dari Susi. Siapa yang menyangka, misalnya, jika Nadine ternyata seorang pilot handal?

Nah, berikut semua hal yang rasanya perlu kamu tahu tentang Nadine, putri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

 

Berdarah Swiss-Pangandaran

10903357_211941505642772_1183944122_n

Nadine lahir dari pasangan Susi Pudjiastuti dan Daniel Kaiser. Susi berasal dari Pangandaran, Jawa Barat. Sementara Daniel berasal dari Swiss.

Nadine lahir pada tahun 1992. Namun lima tahun kemudian Susi dan Daniel bercerai. Nadine ikut ayahnya terbang ke Swiss. Namun hubungannya dengan Susi selalu terjaga.

Perpaduan darah Swiss dan Pangandaran inilah yang barangkali membuat kecantikan Nadine terasa khas. Banyak yang memuji kecantikannya.

Nadine pernah mengeluhkan pujian orang terhadap dirinya di media sosial sesaat setelah Susi dilantik menjadi Menteri. Menanggapi keluhan tersebut, Susi menjawab, “Gadis Indonesia memang cantik-cantik.”

 

Perempuan Mandiri

10802670_631014840340579_2125383877_n

Nadine adalah sosok yang mandiri. Ini bisa dilihat sikap pacarnya saat pertamakali bertemu Susi. Saat itu sang pacar meminta Susi membujuk Nadine agar bersedia ditraktir makan siang. Sebab, selama ini Nadine selalu membayar sendiri makanannya.

Pesan agar Nadine menjadi perempuan mandiri sudah ditanamkan Susi sejak kecil. Hidup jauh dari Ibu juga membentuk pribadi Nadine menjadi perempuan yang tangguh dan tidak manja.

 

Ingin Ibu Normal

Menteri-Susi-Santai-di-Pantai

Saat Nadine berusia 8 tahun, ia pernah bertanya kepada Susi, “Mami, bisakah mami menjadi ibu yang normal seperti ibu-ibu lainnya?”

Mendengar pertanyaan tersebut, Susi sempat tertegun heran sebelum menjawab, “Kamu pikir ibu tidak normal?”

“Ibu normal,” kata Nadine, “Yaa..like belanja, ke pasar beli buah-buahan sendiri, beli apapun sendiri, mengantar anak-anak sekolah.”

Mendengar jawaban tersebut, Susi terdiam sejenak. Ia merasa ucapan Nadine ada benarnya, karena saat itu ia begitu sibuk dan seringkali tidak punya waktu untuk buah hatinya.

Cerita ini ada di buku berjudul ‘Kisah Gila-gilaan Kecerdasan, Kesuksesan, dan Keberanian Susi Pudjiastuti’.

 

Pilot handal

11334531_1433901506918241_1787491581_n

Siapa yang mengira jika Nadine ternyata lulusan EmbryRiddle Aeronautical University, Daytona Beach, Florida, Amerika Serikat.

Nadine dididik untuk menjadi pilot handal. Tidak mengherankan karena ibunya adalah pemilik maskapai Susi Air yang sedikitnya memiliki 50 armada pesawat.

Selain di Amerika, Nadine juga menuntut ilmu di The British International School, London, Inggris dan lulus 2013 lalu. Ia juga fasih berbahasa Jerman dan Inggris.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s