382 Orang Dibebaskan dan 66.099 Napi Dapat Remisi Lebaran

ale_Petugas dan warga inaan di Lapas Pasir Putih melakukan salat Idulfitri bersama, Jumat lalu

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi khusus saat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Minggu (25/6/2017).

Sebanyak 382 narapidana mendapatkan remisi bebas.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan I Wayan Dusak menyebutkan, remisi khusus diberikan terhadap narapidana beragama Islam yang sudah penuhi kriteria administratif serta substantif.

Umpamanya, sudah melakukan pidana minimal enam bulan, tidak tercatat pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), dan aktif ikuti program pembinaan di lapas/rutan.

“Remisi ini diharapkan menjadi provokator untuk warga binaan, selalu untuk berintegritas, berkelakuan baik selama melakukan pidana, tidak lakukan pelanggaran-pelanggaran yang sudah ditetapkan,” tutur Wayan Dusak dalam info pers.

Remisi khusus Lebaran ini terbagi dalam dua kelompok. Pertama, diberikan pada narapidana yang sesudah mendapatkan remisi masih tetap melakukan sisa pidana, yaitu sebanyak 66.099 orang.

Kedua, diberikan pada narapidana yang langsung bebas pada saat pemberian remisi, yaitu 382 orang.

Tahun ini, narapidana yang memperoleh remisi khusus Lebaran paling banyak datang dari Kantor Wilayah Jawa Barat, sebanyak 10.094 narapidana (Kategori I : 10.024 orang serta Kategori II : 70 orang.

Sedang di posisi kedua Kantor Wilayah Sumatera Utara, sejumlah 7.929 narapidana (Kategori I : 7.891 orang serta Kategori II : 38 orang).

Selain itu, Kantor Wilayah Sumatera Selatan dengan 5.556 narapidana (Kategori I : 5.527 orang serta Kategori II : 29 orang).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s