Setelah Gencatan Senjata Usai, Pertempuran Kembali Berlanjut di Marawi

38ca42fe-d75a-4c9e-a4d5-a29ea0c8593b_169

Baku tembak antara militer Filipina serta kelompok militan Maute kembali memanas sesudah gencatan senjata selama delapan jam yang diberlakukan waktu perayaan Idulfitri berakhir pukul 14.00, Minggu (25/6).

Berondongan peluru serta dentuman meriam pun langsung kembali terdengar. Militer juga telah mulai menyiapkan serangan udara terbaru untuk menggempur tempat-tempat persembunyian para militan yang berafiliasi dengan ISIS itu.

Militer Filipina optimis dapat bersihkan tanah Marawi dari kuasa ISIS. Menurut perkiraan terakhir, masih tetap tersisa sekitar 100 militan Maute yang masih tetap berada di Marawi.

Mulai sejak pecah pada 23 Mei lalu, bentrokan ini telah merenggut ratusan nyawa, termasuk 280 militan, 69 tentara dan polisi, juga 26 warga sipil.

Selama pertempuran ini, ribuan warga Marawi memang berhasil kabur, namun ratusan yang lain masih tetap terjebak di tengah baku tembak aparat dan militan.

Gencatan senjata ini juga dipandang sebagai momentum yang pas untuk mengevakuasi para warga. Tetapi setelah gencatan senjata usai, Padilla memprediksi masih tetap ada kira-kira 500 warga yang terperangkap.

Usaha pemberangusan Maute juga diprediksikan masih tetap akan sulit. Pasalnya, para militan sering kali menggunakan warga sipil jadi tameng saat militer menyerang. Namun, militer tetaplah berkemauan bulat memukul mundur para militan.

Bentrokan ini berawal saat militer Filipina memperlancar operasi pemburuan Isnilon Hapilon, orang yang disebut-sebut jadi pemimpin ISIS di Asia Tenggara.

Tetapi saat ini, Hapilon serta beberapa orang kepercayaannya telah kabur dari Marawi di tengah pertempuran yang tidak kunjung usai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s