Hati-Hati, Malware Pencuri Informasi Bersembunyi di Play Store

03_shipping_malware-100694090-large

Pengguna Android baiknya waspada saat mengambil aplikasi, walau sumbernya merupakan Play Store buatan Google sendiri. Baru saja tersingkap ada aplikasi yang disusupi malware atau program jahat di toko digital Google tersebut .

Berdasar pada penelurusan perusahaan antivirus Trend Micro, program jahat itu disebut sebagai Xavier. Malware itu sudah terpasang secara di lebih dari 800 aplikasi gratis dalam Google Play Store.

Seperti ditulis KompasTekno dari Phone Arena, Senin (19/6/2017), Trend Micro membuka kalau sekarang ini program jahat itu sudah diunduh hingga jutaan kali. Sayangnya, tidak dijelaskan nama dari aplikas-aplikasi yang sudah tersusupi Xavier.

Xavier sendiri sejatinya adalah ” perpustakaan ” iklan. Umumnya Xavier dipasang dalam aplikasi gratis supaya pengembangnya dapat memperoleh uang dari iklan.

Tetapi akhir-akhir ini tersingkap kalau Xavier nyatanya sudah berevolusi jadi satu program jahat yang beresiko serta rumit.

Peneliti keamaman Trend Micro menyebutkan kalau Xavier adalah type program jahat yang dapat menghindar dari alat pendeteksi, mempunyai remote code execution, serta mampu mengambil informasi dari dalam smartphone yang dijangkitinya.

Info yang dicuri, mungkin berupa alamat e-mail, identitas perangkat genggam, model, sistem operasi, negara asal perangkat genggam, produsen, operator kartu SIM, resolusi hingga aplikasi apa sajakah yang terpasang.

Peneliti itu juga menyebutkan kalau pemakai Android yang terinfeksi umumnya datang dari negara-negara Asia Tenggara, seperti Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s