Turis Ini Pingsan Setelah Tak Sengaja Mematahkan Gelang Giok yang Bernilai RP 590 Juta

phiww9egws091iavandn

Seorang turis jatuh pingsan setelah tak sengaja mematahkan sebuah gelang batu giok berharga 300.000 yuan atau sekitar Rp 590 juta. Turis perempuan yang identitasnya tak disebutkan itu awalnya melihat-lihat perhiasan batu giok di sebuah toko, pusat kerajinan giok di China.

Insiden ini, menurut situs berita Chinanews.com, terjadi di sebuah toko di provinsi Yunnan, China.

Menurut laporan Forbes, harga batu giok memang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini karena popularitasnya yang sedang melonjak di China.

Batu giok atau jade sebenarnya bukanlah suatu senyawa kimia tunggal, melainkan sebuah nama sebutan untuk dua zat kimia berbeda yang secara fisik tampak serupa. Batu giok jenis Jadeite yang diimpor secara eksklusif dari Burma, adalah yang termahal dari keduanya. Adapun batu giok jenis nephrite, yang secara tradisional berasal dari bagian barat China, sudah lebih dulu digunakan jauh-jauh hari oleh banyak orang sebelum jenis jadeite kini menjadi populer.

Batu giok China kini mulai marak dibeli sebagai salah satu bentuk alternatif investasi, seperti yang pada emas dan perhiasan berharga lainnya. Selain itu, batu giok di China juga kerap menjadi lambang untuk memperlihatkan status sosial orang yang memakainya.

Turis perempuan yang identitasnya tak disebutkan itu awalnya melihat-lihat perhiasan batu giok di sebuah toko di kota Ruili, pusat kerajinan giok di China.

Dia kemudian mencoba salah satu gelang ke tangannya, tetapi saat gelang itu terjatuh saat dilepaskan dari pergelangan tangannya. Gelang berwarna hijau muda itu jatuh ke lantai dan patah menjadi dua bagian.

ldnstkvoh86ccjrvusdt

Turis perempuan itu kemudian terlihat panik setelah pemilik toko menyebutkan harga gelang yang patah tersebut.

Dia kemudian menghubungi beberapa temannya lewat telepon dan tak lama kemudian dia mengatakan kepalanya pusing.

Saat beberapa orang di toko itu mencoba menenangkannya, perempuan itu terlihat pucat dan berkeringat dingin. Tak lama kemudian dia jatuh pingsan.

Foto perempuan itu jatuh ke tangan warga menyebar luas di media sosial China.

“Dia pingsan karena terkejut, tetapi untunglah dia baik-baik saja setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit,” kata Lin Wei, salah seorang pemilik toko perhiasan itu.

Para pemilik toko perhiasan itu tak melaporkan masalah tersebut ke polisi dan akan menegosiasikan uang penggantian yang sesuai dengan kondisi keuangan perempuan itu.

Situs berita Yunnan.cn mengabarkan, pemerintah setempat turun tangan dengan memerintahkan sebuah lembaga independen memeriksa nilai gelang yang patah itu.

Lembaga tersebut kemudian menyebut harga gelang yang patah itu adalah 180.000 yuan atau Rp 352 juta.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s