Miris, Serangan Laser Pada Pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin Makasar Menjadi Kian Marak

bandar-udara-sultan-hasanuddin-makassar_20170617_072035

“Teror” sinar laser kepada pesawat yang akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar semakin marak beberapa waktu terakhir ini.

Pekan ini, setidaknya 15 pilot melaporkan ada serangan laser ke pesawat waktu akan mendarat di bandara.

Berdasarkan data Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) Perum Lembaga Navigasi Penerbangan Indonesia, tercatat pada Selasa malam, 4 Juli lalu, tujuh pilot melapor ada sinar laser yang diarahkan ke badan pesawat sesaat sebelum mendarat.

Tujuh pesawat itu ialah maskapai Sriwijaya 726 dari Bali, Lion Air 640 dari Yogyakarta, Batik Air 6231 dari Palu, Batik Air 6183 dari Jayapura, Garuda 620 dari Jakarta, Lion Air 740 dan Citilink 612 masing-masing dari Surabaya.

Lalu pada Jumat malam, 7 Juli tempo hari, empat pilot kembali memberikan laporan ada serangan laser ke badan pesawat.

Empat pesawat yang mendapatkan teror serangan laser yaitu Lion Air 777, Sriwijaya Air 726, Batik Air 6183, Citylink 612 serta Lion Air 640.

Serangan pada empat pesawat itu bahkan diketahui bersumber dari arah yang sama pada serangan sebelumnya, dan laporan masing-masing pilot mengatakan, laser tentang sisi kanan badan pesawat.

“Selasa lalu, ada tujuh laporan yang kami terima. Kemudian besoknya ada tiga laporan, lalu Jumat malam tadi ada lima laporan serangan laser. Total ada 15 serangan,” ungkap General Manager MATSC Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), Novy Pantaryanto dalam keterangan persnya di Makassar, Jumat (7/7/2017) malam.

Menurut Novy, keadaan ruang udara di Makassar makin memprihatinkan atas ada serangan laser itu.

Bahkan juga diklaim sebagai daerah yang paling banyak mendapatkan serangan laser dari 220 bandara yang diawasinya.

“Dari 220 bandara yang kami pantau, Makassar peringkat pertama untuk ruang udara yang paling banyak mendapatkan serangan laser. Serangan seperti ini ada juga di Batam, Bali, dan Singapura namun jumlahnya tidak sebanyak di Makassar,” kata Novy.

Ia mengungkapkan, sepanjang Januari sampai Juli tahun ini, pilot yang mendapat serangan laser waktu akan mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar telah mencapai 50 kali.
“Sepanjang 2017 ini, sampai 50 serangan. Namun tidak setiap hari, ada yang kosong, ada satu laporan, ada dua. Malam terakhir saja ini kami temukan laporan ada lima pesawat dari titik yang sama,” jelasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s