Sering Kram? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

kaki kram saat tidur

Kram pada otot, baik yang terjadi pada area kaki atau area yang lain, adalah kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat secara mendadak. Kram dapat berlangsung selama beberapa detik sampai beberapa menit serta kerapkali terjadi pada kaki.

Kram kaki di malam hari sering mengenai otot betis. Keadaan ini sering berlangsung saat Anda baru saja tertidur ataupun baru terbangun. Hal semacam ini biasanya terjadi selain pada bagian kaki, namun bisa pula berlangsung pada otot betis dan paha.

Saat kram otot berlangsung, daerah itu jadi merasa sakit, keras dan kencang hingga susah bergerak. Dalam beberapa kasus, kram otot dapat berlangsung sesudah latihan intensif dan latihan keras juga.

Beberapa hal yang perlu untuk diketahui adalah di balik kram otot ada peredaran darah yang buruk dan waktu melatih otot dengan terus menerus, dan tidak lakukan pemanasan sebelumnya olahraga. Terlalu lama duduk, berdiri lama di atas permukaan yang keras, atau menempatkan kaki pada tempat yg tidak nyaman selama tidur juga dapat membuat otot kaki menegang atau kram.

Bahkan bisa juga karena tubuh kekurangan zat vitamin hingga bisa mengakibatkan kram pada otot. Bahkan juga kekurangan potasium dan magnesium dapat menyebabkannya masalah saraf, masalah sumsum tulang belakang serta efek samping dari obat-obatan tertentu dapat juga jadi faktor pendukung otot dapat cedera.

Solusinya saat Anda rasakan kram pada otot adalah cobalah untuk meregangkan otot di salah satu sisi dari otot yang alami kram. Walau hal itu mengakibatkan ketegangan, ketidaknyamanan dikarenakan sakit serta ngilu, coba untuk memijat daerah itu dan rilekskan otot sebanyak mungkin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s