Irak Resmi Deklarasikan Kekalahan dan Keruntuhan ISIS di Mosul

cj5yaadeqdeohobgcb54

Upaya perebutan kota terbesar kedua di Irak setelah Baghdad itu gencar dilakukan tentara Irak sejak Oktober tahun lalu. Dari udara, serangan terhadap ISIS di Mosul dilakukan oleh koalisi tempur pimpinan Amerika Serikat.

Irak akhirnya mendeklarasikan kemenangan militer atas kekuatan brutal dan teroristik gerombolan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota tua Mosul, Senin (11/7/2017).

Deklarasi itu juga, seperti dilansir Agence France-Presse, menandai kemenangan Irak dalam tiga tahun perang pembebasan seluruh wilayahnya dari kekuasaan ISIS.

“Kemenangan kita hari ini adalah kemenangan atas kegelapan. Kemenangan atas brutalitas dan terorisme, dan saya umumkan kepada seluruh dunia, kekuasaan mistis ISIS di Irak sudah runtuh,” tegas Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi melalui stasiun televisi pemerintah.

Pemerintah Irak lantas mengumumkan libur nasional sepuluh hari untuk merayakan kemenangan ini. Rakyat Irak turun ke jalan-jalan kota Baghdad, bersuka cita atas kekalahan ISIS.

Setelah deklarasi tersebut, militer dan warga Irak dikabarkan larut dalam perayaan kemenangan. Mereka berdansa, melepaskan tembakan peluru kosong, dan mengibarkan bendera Irak di jalan-jalan.

Tentara Irak sudah bisa santai. Beberapa dari mereka berenang di Sungai Tigris kota Mosul. Seorang terlihat menjadikan bendera ISIS sebagai pengelap keringat.

Beberapa hari sebelumnya suara tembakan dan ledakan masih terdengar di sudut kota Mosul. ISIS yang terpojok digempur habis-habisan dari darat dan udara.

“Operasi-operasi militer akan terus dilakukan untuk memastikan seluruh gerombolan ISIS tak lagi ada di tanah Irak,” tandasnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s