Pemimpin Tertinggi ISIS Abu Bakr al-Baghdadi ‘Tewas Lagi’?

2015-12-12-1449931525-9386973-Libya3farhangnews_1244183513081430555176_5611442212534

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi

Berita kematian pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi kembali mencuat. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan kepada Reuters pada hari Selasa (11/7/2017) bahwa pihaknya telah “mengkonfirmasi informasi” bahwa pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi telah terbunuh.

“Komandan ISIS yang ada di Provinsi Deir ez-Zor telah mengonfirmasi kematian Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin ISIS, kepada pihak kami,” ujar Direktur The Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdurrahman, seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (12/7/2017).

“Kami menerima informasi itu hari ini tetapi kami tidak tahu kapan dan bagaimana ia tewas,” imbuh dia.

“Informasi yang telah dikonfirmasi” juga dilaporkan oleh saluran berita independen Irak Alsumaria, yang mengatakan bahwa kematian al-Baghdadi terjadi “di sebelah timur Deir al-Zor di perbatasan dengan Irak.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa mereka mungkin telah membunuh Baghdadi saat salah satu serangan udara menghantam sebuah pertemuan para komandan ISIS di pinggiran kota Raqqa, Suriah.

Namun, Washington mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat menguatkan kematian tersebut, begitu juga pejabat negara Barat dan Irak bersikap skeptis.

Reuters, seperti dilaporkan al-Arabiya, tak bisa secara independen memverifikasi kematian Baghdadi.

Berita kematian Baghdadi, sebenarnya bukan menjadi hal baru lagi. Ia berkali-kali dikabarkan tewas. Termasuk pada tanggal 16 Juni lalu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Baghdadi kemungkinan tewas dalam sebuah serangan Angkatan Udara Rusia di pinggiran selatan kota Raqqa pada akhir Mei lalu.

Abu Bakr al-Baghdadi sendiri belum pernah terdengar kabarnya sejak akhir 2016 lalu. Pemimpin ISIS ini hanya pernah muncul dalam video untuk berbicara dengan para pendukung di sebuah masjid yang menjadi ikon di jantung Mosul, Masjid al-Nouri.

Terakhir kali Baghdadi mengeluarkan sebuah pesan audio pada 3 November 2016, di mana ia mendesak para pengikut setianya untuk terus memperjuangkan Kota Mosul. Namun, kini Kota Mosul telah direbut kembali oleh Irak.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s