Inilah Keistimewaan Buah Jambu Biji

Jambu_Batu

Gempuran buah-buahan impor ke Indonesia bukanlah berarti golongan itu lebih banyak manfaat dibandingkan buah lokal. Malah beragam buah lokal yang cuma ditemukan di Indonesia mempunyai nutrisi yang semakin besar serta menyehatkan.

Menurut pakar gizi dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp. GK dari FKUI, salah satu buah lokal yang mempunyai manfaat super yaitu jambu biji. Buah dengan daging berwarna merah muda ini menurut, kata dia, mempunyai vitamin C tertinggi salah satunya buah-buahan lokal ataupun buah impor.

“Jambu biji kandungan vitamin C-nya bagus dibanding semuanya buah, termasuk buah impor. Kalau kita rajin mengonsumsi, jadi imunitas jadi meningkat dan lebih terhindar dari resiko penyakit,” tutur perempuan yang akrab disapa Dokter Fias pada temu media di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Walau demikian tidak sedikit orang-orang yang yakin kalau jambu biji bisa menyebabkan masalah usus buntu bila dikonsumsi terus-terusan. Menurutnya hal semacam ini hanya mitos.

“Penyakit usus buntu itu bukanlah karena sebab konsumsi jambu biji. Tidak ada hubungan. Jadi jangan takut konsumsi jambu biji, itu banyak manfaatnya,” tambah dia.

Dalam satu hari, Dokter Fias meneruskan, seorang baiknya konsumsi buah-buahan di tiap-tiap session makan. Saat mengkonsumsinya juga dapat sesuai dengan keperluan, yaitu setelah atau sebelumnya makan paling utama.

Mereka yang mempunyai berat badan normal, kata dia, dapat mengonsumsi buah sesudah makan paling utama. Sedang mereka yang menginginkan turunkan berat tubuh, baiknya buah dikonsumsi sebelum makanan utama.

“Namun bila ingin diet, kita makan dahulu saja sayur serta buah hingga perut telah ada isinya jadi tidaklah terlalu lapar hingga makan tidak terlalu berlebih. Jadi sesungguhnya dapat dikonsumsi sesuai sama keperluan, ” ujarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s