Inilah Metode Sederhana untuk Tidur dalam Waktu 60 Detik

1747384ThinkstockPhotos-495923566780x390

Bosan dengan masalah sulit tidur yang Anda alami? Sebelum berfikir untuk mencoba obat tidur, coba langkah alami untuk mengundang kantuk. Bukan dengan menghitung domba atau coba makanan tertentu.

Seperti dilansir dari web Reader’s Digest, obat pemicu tidur alami ini disebut metode 4-7-8. Kedengarannya memanglah sederhana namun tidak ada salahnya dicoba. Cara ini di ciptakan oleh para yogi dari India sejak berabad-abad lalu .

Pertama, duduklah pada posisi yang nyaman di tempat tidur Anda. Lalu tarik napas lewat hidung selama empat detik, tahan napas selama tujuh detik, lantas mengeluarkan perlahan lewat mulut selama delapan detik. Itu saja yang perlu Anda lakukan.

Bila Anda tidak percaya, pernyataan dokter Andrew Weil dari Kampus Harvard yang sudah mengadopsi latihan ini mungkin saja juga akan memberikan keyakinan Anda.

“Ini merupakan cara paling baik yang sempat saya dapatkan untuk kembali tertidur bila Anda ingin,” tuturnya dalam sebuah diskusi.

Para yogi memakai cara ini untuk menjangkau keadaan relaksasi yang komplit, mencegah stres serta kecemasan. Dengan berniat perlambat pernafasan Anda, irama jantung juga akan melambat, membuat semua badan lebih santai. Dengan kata beda, ini yaitu obat penenang alami untuk badan serta pikiran.

“Teorinya yaitu dengan memaksakan ritme tertentu pada nafas dengan pergerakan sadar Anda, dengan bertahap hal ini diinduksi kedalam sistem saraf yang di bawah sadar, ” katanya.

“Latihan ini juga akan efisien apabila selalu dipraktekkan sehari-hari. Jadi, kedisiplinan lakukan hal semacam ini sepanjang periode minggu, bulan, tahun juga akan hasilkan perubahan pola tidur yang diinginkan,” tambahnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s