Mantan Presiden Brasil Dihukum 10 Tahun Penjara

_88580694_fcdae27f-76fc-4e84-8e24-633903b42974

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva terbukti bersalah dalam kasus korupsi serta pencucian uang, Rabu (12/7) waktu setempat. Majelis hakim menjatuhi Da Silva hukuman 10 tahun penjara.

Da Silva yang menjadi Presiden Brasil dari 2003 sampai 2010 dinyatakan bersalah lantaran terbukti sudah terima US$1,1 juta dalam bentuk perbaikan dan biaya untuk apartemen di tepi pantai dari perusahaan konstruksi.

Sebagai imbalannya, da Silva memberi kontrak kerja sama dengan perusahaan minyak negara Petrobas untuk perusahaan konstruksi itu.

Dalam pernyataan yang ditulis oleh penasihat hukum da Silva, pengacara menyebutkan kalau mantan presiden itu tidak bersalah. Pihak pengacara menyebutkan kalau da Silva menjadi korban dari politisasi hukum – satu strategi populer yang seringkali dipakai oleh beberapa diktator selama ini.

Meski dijatuhi hukuman penjara 10 tahun, da Silva tidak mesti selekasnya mendeka dalam tahanan. Da Silva yang saat ini berumur 71 tahun itu dapat tetaplah menghirup udara bebas sampai keputusan naik banding dikeluarkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s