On This Day 16-7-1995: Abracadabra Jadilah Amazon

014162000_1418703035-jeffrey-k.-bezos

Jeff Bezos boss dari Amazon.com

22 tahun silam, perusahaan perdagangan elektronik multinasional Amazon. com lahir menyediakan pelayanan secara daring. Pada 16 Juli 1995, Amazon. com dengan resmi buka usaha penjual buku daring.

Dilansir dari web History, Sabtu 15 Juli 2017, awal Amazon.com sebagai penjual atau platform layanan daring tidaklah mudah. Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos sampai harus mengundang sekelompok kecil teman serta mantan rekan kerja untuk ‘meramaikan’ website Amazon. Mereka diminta untuk mengecek serta melihat penampilan website Amazon versi beta.

Penjualan awal Amazon waktu itu mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut. Bezos pada awal itu juga terjun langsung dalam merakit barang yang dijual dan mengirim paket ke pos.

Dalam satu bulan, Amazon yang melabeli diri sebagai pengecer daring terbesar di dunia sudah mengirimkan buku ke seluruh 50 negara bagian AS serta ke 45 negara di luar AS. Pelayanan yang disediakan Amazon.com waktu itu semakin berkembang.

Pada akhir 1996, Amazon sudah mengumpulkan pendapatan sebesar US$15,7 juta. Setahun kemudian, Amazon melantai di bursa dan melepas saham perdana ke publik dengan mengumpulkan US$54 juta.

Dengan cepat, Amazon dapat menyediakan banyak jenis pelayanan apa saja secara daring. Amazon jual semua sesuatu dari mulai belanjaan, perabotan sampai kepahlawanan hidup, dan menolong merevolusi langkah orang berbelanja.

Pada 1998, Amazon meningkatkan sayapnya, mulai menjual CD musik sesudah menjual buku dengan daring. Pada tahun selanjutnya, Amazon menaikkan semakin banyak kategori produk umpamanya mainan, peralatan elektronik dan peralatan yang lain.

Pada penghujung 1999, Amazon sudah mengirimkan 20 juta item ke 150 negara di seluruh dunia. Pada Desember 1999 juga, Bezos memperoleh sebutan ‘Person of the Year’ majalah Time.

Pada awal milenium, Amazon membuka keran untuk penjual individual atau penjual luar Amazon untuk menawarkan produk serta barang mereka pada website Amazon.

Bicara membesut Amazon dalam bisnis daring, tidak dapat lepas dari insting Bezos. Insting bisnis daring ini memanglah mendorong pria jebolan teknik komputer serta teknik elektro Universitas Princeston pada 1986 itu makin membuatnya mengerti mengenai perlunya internet di masa depan.

Pada 1994, Bezos menyadari potensi komersial Internet dan membuka luas buku mana saja yang dapat terjual dengan baik dengan cara daring. Potensi internet membawa Bezos untuk pindah ke Washington DC serta membangun Amazon di kota itu.

Awalannya Bezos menamai usaha rintisan itu dengan nama Cadabra, satu kata yang serupa dengan mantra populer ‘Abracadabra’. Namun sayangnya nama Cadabra tidak enak diucapkan, sebab ada seorang yang salah mengatakan bisnis rintisan Bezos itu jadi ‘cadaver’ yang berarti bangkai atau mayat.

Mengerti hal tersebut, Bezos lalu menggantinya dengan nama Amazon, terinspirasi dengan sungai besar di Amerika Selatan serta satu diantara nama dalam mitologi Yunani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s