Robot Canggih Mampu Selesaikan Puzzle Rubik Kurang dari Satu Detik

w644

Temanmu jago main rubik? Duh, kayaknya udah ga bisa lagi nyaingin robot satu ini. Lagi-lagi manusia dipecundangi robot. Kapan neeh kita jadi budak robot kayak film ‘Terminator’?

Sampai saat ini, rekor penyelesaian kubus rubik oleh pemain manusia adalah 4,74 detik. Jelas, ada beberapa trik dan strategi supaya kamu bisa membereskan rubik secepat itu. Salah satu strategi paling terkenal mengklaim rubik yang acak-acakan macam apapun bisa diselesaikan kurang dari 20 langkah.

Robot, berbeda dari manusia, tak membutuhkan tips dan trik macam ini. Buktinya, mesin baru buatan perusahaan semikonduktor asal Jerman Infineon Technologies bisa merapihkan satu rubik dalam 0,637 detik saja. Benar saudara-saudara, kalian tidak salah baca. Si robot bisa menyeragamkan warna semua sisi kubus rubik di bawah satu detik. Kalah semua dah kawan-kawanmu yang jago banget main rubik.

Manusia sejak lama sudah memberi misi pada robot memecahkan puzzle rubik secepat mungkin. Mulai 2016, perkembangan kecepatan mesin membereskan sebuah Rubik berkembang pesat. Awal tahun ini, dua orang pengembang robot menyusun sebuah mesin yang bisa merapikan Rubik dalam 1,047 detik. Selang beberapa bulan kemudian, sebuah mesin lainnya menajamkan catatan waktu menjadi 0,89.

Kini, dengan catatan rekor 0,637 detik, Sub 1 Reloaded—nama mesin buatan perusahaan Infineon Technology itu—meruntuhkan semua catatan rekor pendahulunya. Desain Sub 1 tak jauh berbeda dari robot-robot lainnya. Cuma, otak Sub 1 memang lebih superior dari pendahulunya. Sub 1 dilengkapi dengan beberapa kamera yang memetakan kondisi Rubik.

Data dari kamera kemudian diolah oleh sebuah komputer yang menentukan rute tercepat untuk membereskan Rubik. Lalu, ada enam lengan motorik yang bertugaa mengeksekusi rute yang dipilih komputer hingga selesai.

Yang bikin Sub 1 lebih keren dari yang lain adalah robot ini mempunyai AURIX microcontroler baru. Infineon didesain AURIX untuk digunakan dalam mobil swakendara. Dengan demiian, Infineon bisa memamerkan bahwa microprocessor buatannya bereaksi lebih cepat dari manusia.

Pendeknya, Infineon jelas tak ingin buang-buang uang untuk bikin mesin yang kerjaaannya cuma membereskan Rubik. Perusahaan ini cuma ingin menunjukkan bahwa produknya bisa memastikan penumpang mobil swakendara bakal sepenuhnya aman dalam lindungan robot.

Koreksi: dalam versi sebelumnya, artikel ini menyatakan bahwa rekor tercepat membereskan Rubik adalah s 4,9 detik. Rekor tersebut sudah dipecahkan. Rekor dunia terbaru (untuk pemain rubik manusia) saat ini adalah 4,74 detik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s