Aplikasi Ini Bisa Hilangkan “Poni” iPhone X

iphone-x-52

Sejak dijual secara global pada 3 November lalu, iPhone X (baca: iPhone Ten) mendapat beberapa keluhan dari pengguna. Keluhannya beragam, dari yang serius sampai yang dianggap sepele.

Masalah serius yang banyak dibicarakan adalah garis hijau di sisi layar. Sementara itu, salah satu contoh masalah sepele adalah “rambut poni” iPhone X.

“Rambut poni” (notch) iPhone X sendiri merupakan baris hitam horizontal di sisi atas bagian tengah yang digunakan sebagai tempat kamera depan dan sensor pengenal wajah.

Bagi yang merasa terganggu dengan notch ini, sudah ada sebuah aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut. Apple baru saja mengizinkan hadirnya sebuah aplikasi bernama Notch Remover di Apple App Store.

Aplikasi tersebut tidak serta merta menghapus notch seperti namanya. Cara kerjanya hanya memanipulasi tampilan layar dengan wallpaper khusus lengkap dengan baris hitam sejajar dengan notch. Dengan ini, iPhone X seolah-olah memiliki bingkai di atas seperti model iPhone sebelum-sebelumnya.

Dikutip dari The Verge, Selasa (14/11/2017), Apple sendiri sebenarnya melarang pengembang aplikasi untuk tidak “menutupi” notch seperti yang dilakukan aplikasi Notch Remover. Meski begitu, masih belum jelas mengapa Apple mengizinkan hadirnya aplikasi itu di toko aplikasinya.

“Jangan mencoba untuk menyembunyikan sudut-sudut perangkat, sensor housing, atau indikator untuk mengakses layar utama dengan menempatkan baris hitam di atas dan bawah layar,” tulis Apple pada Human Interface Guidlines atau pedoman antarmuka iPhone X.

Notch Remover sendiri bisa dibeli dengan harga 0,99 dollar AS atau sekitar Rp 13.500. Mengingat masalah notch ini sebenarnya tidak mengganggu kinerja iPhone X, patut dipertimbangkan untuk membeli aplikasi tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s